0

Paper Quilling | Seni Menggulung Kertas

Seni menggulung kertas sehingga menghasilkan bentuk-bentuk yang indah disebut paper quilling. Belakangan, kerajinan tangan yang membutuhkan kesabaran dan ketelitian ini tengah naik daun. Paper quilling menjadi populer karena bentuk yang dihasilkan tidak terbatas. Batasnya adalah daya imajinasi pembuatnya masing-masing.

Aku nggak akan membahas tentang sejarah paper quilling. Aku hanya berbagi cara membuat paper quilling sederhana lengkap dengan alat dan bahan membuat paper quilling. Alat dan bahan khusus untuk membuat paper quilling tersedia di pasaran, tetapi dengan harga yang cukup mahal. Misalnya kertas khusus paper quilling berharga sekitar 25ribu – 50ribu untuk 1 set (50 – 100 lembar) dan jarum khusus dihargai di atas 30ribu.

quilling paper

kertas khusus paper quilling (sumber: etsystatic.com)

paper quilling tool

jarum paper quilling (sumber: etsystatic.com)

Tujuanku adalah membuat kerajinan tangan yang hemat biaya tidak cocok dengan harga-harga tersebut. Maka diputuskan berinovasi dengan alat dan bahan  sederhana untuk membuat paper quilling.

Bahan :

  • Kertas warna 100 gram
  • Lem putih

Alat :

  • Cutter
  • Penggaris panjang
  • Penggaris lingkaran
  • Bambu dan jarum kristik (untuk membuat jarum quilling)
  • Alas potong (aku pribadi pakai kaca)
  • Pensil
Alat Bahan Paper Quilling Sederhana

beberapa alat dan bahan membuat paper quilling sederhana (doc. pribadi)

Proses pembuatan paper quilling cukup mudah. Pertama, siapkan dulu alatnya. Buat jarum quilling dengan cara menancapkan ujung runcing jarum kristik ke bambu, lem dengan kuat, dan potong ujung lain jarum sehingga membentuk seperti jepit panjang.

Siapkan bahan dengan memotong kertas selebar 3mm atau 6mm. Setelah terkumpul potongan kertas, mulai buat gulungan-gulungan kertas aneka bentuk sebagai permulaan. Caranya, masukkan ujung kertas ke sela jarum quilling lalu gulung kertas. Lem ujung terakhir kertas pada gulungan. Kemudian bentuk gulungan sesuai kebutuhan.

bentuk paper quilling

bentuk dasar paper quilling (sumber: etsystatic.com)

Setelah terbiasa membuat berbagai macam bentuk dasar, mulailah membuat satu bentuk dasar dengan ukuran yang sama dan jumlah yang cukup banyak. Nah, inilah fungsi penggaris lingkaran – untuk membuat gulungan dengan ukuran yang identik. Caranya adalah dengan memasukkan gulungan kertas ke lingkaran, longgarkan gulungan, lem ujungnya. Lakukan pada gulungan-gulungan berikutnya, tentunya dengan ukuran lingkaran yang sama.

Sebagai contoh, buat beberapa gulungan dengan bentuk teardrop.Lem bagian ujung runcingnya, berdempetan satu sama lain. Beri kertas sebagai batang dan bentuk teardrop yang lain sebagai daun. Voila! Jadilah sebuah bunga sederhana dan kamu berhasil membuat bunga paper quilling sebagai pemula. Kreasikan idemu sehingga jadi bentuk-bentuk menarik lainnya. Banyak benda sekitar yang bisa dieksplorasi menjadi karya paper quilling pemula.

paper quilling pemula

paper quilling pemula (doc. pribadi)

paper quilling sederhana

paper quilling hewan sederhana

Paper quilling tidak hanya sekedar bisa mengisi waktu luang tetapi bisa menghasilkan untung yang lumayan jika ditekuni secara serius. Beberapa bentuk sederhana mudah untuk dibuat dan diaplikasikan terhadap benda-benda di sekitar kita. Misalnya paper quilling bunga dibuat bross dan paper quilling binatang dibuat sebagai magnet kulkas. Bahkan tokoh kartun kesayangan bisa dibuat versi paper quilling-nya.

paper quilling

magnet paper quilling

paper quilling

paper quilling hello kitty & pohon natal

paper quilling

paper quilling aneka bentuk

Selamat mencoba dan selamat berkarya! 🙂

Advertisements
4

Membuat Sabun Cair dari Sabun Batangan

Ide untuk membuat sabun cair dari sabun batangan alias bar soap muncul gara-gara sabun mandi habis dan kantong kosong. Alhasil ngubek-ngubek lemari Maknyak nyari sabun mandi. Ketemu 3 batang sabun Mustika Ratu varian Mawar. Sabun yang nggak bakal dipakai mandi sama Maknyak gara-gara nggak suka pake sabun batang.
Aku juga nggak suka pake sabun batang jadi aku punya pikiran merubahnya jadi sabun cair. Aku kira prosesnya sulit, butuh banyak bahan tambahan. Ternyata setelah googling, caranya gampang banget. Alat yang dibutuhkan cuma parutan keju, panci dan kompor. Bahannya tentu saja sabun batangan dan air. Caranya tinggal di parut sabunnya, dimasukkan ke air yang udah mendidih, aduk sebentar sampai sabunnya larut dan selesai.
Sejauh ini belum ada yang aneh sih, cuma tinggal nunggu adonannya dingin baru ketahuan bener atau nggak langkahnya.

Setelah 6 jam, sabunnya udah dingin. Tapi terlalu encer. Hiks. Aku langsung berfikir kalau eksperimennya gagal. Akhirnya, nyalakan kompor lagi, dididihkan lagi. Pas adonan tinggal 3/4 aku pikir udah cukup. Dinginkan lagi. Tunggu lagi. Setelah dingin, aduk aduk dan, taraaaa, sabunnya jadi.

Continue reading