Chat
0

Resep Donat Rumahan

Donat adalah kudapan favorit banyak orang. Niat membuat donat sendiri tiba-tiba muncul. Ragu-ragu karena terakhir kali membuat donat saat masih SD. Maka dimulailah pencarian resep donat rumahan. Kesulitan menemukan komposisi resep donat rumahan yang tepat membuat adanya uji coba terhadap resep donat yang banyak tersedia di internet. Setelah memilih satu resep yang sepertinya sesuai, mulailah uji coba pertama.
Resep donat rumahan yang pertama dibuat memakai tepung terigu berprotein tinggi dan 11 gram ragi instan. Hasilnya? Adonan terlalu encer dan tidak mau menjadi kalis. Akhirnya tepung terigu sedikit demi sedikit ditambahkan kedalam adonan. Adonan kalis dan elastis siap didiamkan sampai mengembang. Setelah matang, donat menjadi agak bantat dan ragi instannya terasa tajam. Kesimpulannya? Resep donat rumahan yang pertama gagal.
Pencarian resep donat rumahan dilanjutkan. Resep donat yang kedua menggunakan tepung terigu blend. Tepung terigu blend adalah campuran tepung terigu protein tinggi dan tepung terigu protein sedang. Tujuannya agar donat menjadi empuk di dalam sekaligus renyah bagian luarnya. Tetapi resep donat ini juga kurang berhasil karena porsi air yang digunakan masih sangat terlalu banyak. Meskipun begitu, resep donat inilah yang dimodifikasi agar mendapatkan donat empuk, renyah dan gurih.
Pembuatan donat dengan resep ini tidak membutuhkan alat khusus. Cukup siapkan wadah yang bersih dan tangan yang bersih agar kualitas adonan terjaga. Resep donat ini digunakan untuk donat yang digoreng. Uji coba ketiga dengan resep yang dimodifikasi berhasil. Berikut ini adalah resep dan langkah pembuatan donat rumahan yang sangat mudah.

Bahan dasar donat :

300 gram tepung terigu protein tinggi
120 gram tepung terigu protein sedang
1 sdt ragi instan
15 gram susu bubuk
40 gram gula halus
1 butir telor ayam
225 ml air es
30 gram margarin
1 sdt garam
+ Toping : Coklat batangan yang dilelehkan / Margarin & gula halus / Selai

Langkah – langkah :
1. Campur tepung terigu, susu bubuk, ragi instan dan gula halus. Aduk sampai tercampur rata.
2. Tambahkan telor dan air es sedikit demi sedikit. Jika ragu adonan terlalu encer maka air bisa dimasukkan beberapa bagian dulu.
Uleni adonan sampai menjadi kalis. Adonan kalis adalah tidak ada adonan yang lengket menempel di wadah dan tangan.
3. Masukkan margarin dan garam. Uleni adonan sampai elastis.
4. Tutupi adonan menggunakan kain dan diamkan di tempat hangat suhu ruang selama 15 menit. Setelah 15 menit, adonan mengembang. Tinju-tinju adonan untuk mengeluarkan udara. Uleni lagi sebentar.
5. Ulangi langkah 4 tetapi cukup didiamkan selama 10 menit.
Tinju-tinju adonan lalu bentuk adonan menjadi lingkaran. Bisa dibentuk manual dengan tangan setelah ditimbang seberat 40 gram atau giling adonan dan cetak memakai cetakan donat.
6. Letakkan adonan yang telah terbentuk dengan diberi jarak pada wadah datar. Tutupi dengan kain dan diamkan selama 30 menit.
7. Goreng adonan donat dalam minyak panas dan api kecil sampai kuning keemasan. Tiriskan.
8. Setelah donat dingin, beri toping sesuai selera. Donat rumahan karyamu siap untuk dihidangkan.

Estimasi waktu pengerjaan : ± 60 menit menghasilkan ± 24 buah donat.
Tingkat kesulitan : ★✩✩✩✩

Advertisements
Chat
0

Nail art sederhana | Tutorial

Nail art sederhana bisa dilakukan semua orang yang mau sabar. Nail art cantik nggak perlu ribet, nggak perlu banyak alat. Cukup modal nail polish atau sering kita sebut kuteks, kita bisa punya kuku cantik ala ala salon. Tutorial nail art sederhana juga banyak bertebaran di yutup.

image

Jarang pakai tapi selalu ngiler kalo lihat kuteks di toko membuatku punya stok kuteks berjumlah belasan. Karena pakenya yang sebulan sekali, alhasil cuma numpuk anteng di kotak make-up. Beberapa bahkan dibuang karena sudah berubah tekstur. Beberapa habis buat coret-coret dinding kamar (*abaikan).
Awalnya pengen nyoba teknik water transfer buat bikin nail art aneka warna mirip permen. Tapi percobaan demi percobaan belum ada yang berhasil. Kesimpulan sementara: kuteks murah nggak bisa pake teknik water transfer. Belum nemu alasannya, tapi kemungkinan kandungannya yang beda.
Mayoritas kuteksku memang kuteks murah. Satu-satunya yang ‘mahal’ cuma kuteks merek Oriflame warna pearly purple, itu pun dapet gretongan. Sebagian besar bermerek Pokari. Merek kesayangan karena harganya murah (di bawah 10ribu), warna-warni, terdaftar bpom, dan nyantumin tanggal pembuatan di labelnya. Di Solo, aku nemu Pokari cuma di Stroberi, lainnya nggak ada.
Nggak tahu kenapa, akhir-akhir ini Pokari menghilang dari toko. Stroberi hanya menjual kuteks just miss yang dibrand Stroberi. Sudahlah tetap dibeli saja, harganya masih murah (12ribuan) dan juga terdaftar bpom. Tapi soal kualitas, masih Pokari juaranya.
Yak, balik lagi ke rencana bikin nail art sederhana. Karena aku nggak cukup sabar buat gambarin kuku satu-satu, aku pilih metode paling sederhana.

Ombre nail art dengan bantuan spons.

  • Alat : spons (aku pake spons cuci piring punya ibuk – yang masih baru lho ya)
  • Bahan: aneka warna kuteks (aku pakai stoberi coffee milk no. 019 & pink no.020).

image

Langkah-langkahnya:

  1. Pakai kutek warna dasar – aku pakai yang coffee milk. Tunggu kering.
  2. Oles kuteks warna pink ke spons. Dioles yang cukup tebal.
  3. Aplikasikan kuteks pink pakai spons ke ujung kuku sampai setengah bagian.
  4. Lapisi dengan top coat atau kuteks bening agar awet.
nail art

Tutorial ombre nail art

Voila! Kuku jadi cantik warna-warni tanpa harus bikin dompet jadi bolong.

nail art

ombre nail art

Kamu bisa paka warna apapun yang kamu suka. Kalau mau lebih dari dua warna, cukup ulangi tahap dua dan tiga dengan warna kuteks yang berikutnya. Semakin warna-warni, semakin cantik.

Merasa terlalu ribet dengan nail art ombre di atas? Masih mau kuku tampil cantik menawan tanpa ke salon? Ikuti langkah-langkah nail art sederhana berikutnya. (Gambar tunggu update-an) 🙂
Kamu cuma butuh tiga warna kuteks. Tanpa alat apapun. Aku pakai kuteks Stroberi warna metalik orange no.012, metalik caramel no.010, dan metalik milk no.009.

image

Langkah awal, beri lapisan kuteks warna pertama dan tunggu sampai kering. Beri lapisan warna kedua dalam tiga goresan dengan tiga tingkatan panjang yang berbeda. Tunggu kering dan ulangi langkah kedua dengan warna yang terakhir.

image

Kuku cantik tanpa ribet siap diajak jalan-jalan. 🙂